sedikit waktu kita, bisa jadi besar artinya bagi orang lain

Ahahaha... judul gw berasa sangat-himbauan-pemerintah banget ya? Macem ajakan buat donor darah ato buat nyumbang amal gitu ga sih???
Oke... the true story is...

 
Gw heran. Heran pake banget!!! Sedikit jengkel juga sih kalo boleh.
Kenapa ya, banyak banget ada orang yang nggak mau ngisi kusioner. Happened to me (dan banyak temen gw jugak). Walo ga banyak sih. Tapi ada. Ada orang yang malas banget ngisi kuisioner. Kalopun mau, ada aja yang sengaja dilewatin. Gw yakin ini sengaja dielewatin. Karena dari 5 pertanyaan, yang diisi cuma satu. Jadi menurut gw itu bukan ga sengaja kelewat ya, tapi sengaja ga mau ngisi. *damn yu pakde* *jejelin kaos kaki Masbojo yang ga ganti seminggu*
Eh untuk menyamakan persepsi, ini yang gw maksud disini adalah kuisioner untuk kepentingan akademik/ ilmu pengetahuan ya. Bukan kuisioner produk untuk kepentingan komersil ya. Jadi data intake untuk skripsi ato tesis ato apapun, yang diperoleh dari penyebaran kuisioner ke responden. Yaah survey-survei keperilakuan gitu deh. Yang anak sosial pasti tau donk ya.
Ini jadi pelajaran buat gw pribadi juga sih. Karena tau susahnya nyari data model beginian. Maka next time kalo gw jadi responden, maka gw bertekad bulat untuk jadi responden yang dengan tulus ngisi kuisioner dengan baik dan benar (padahal tanpa kejadian ini pun, gw juga dari dulu juga udah selalu ngisi kuisioner dengan bener koq).
Oke, memang kita sebagai responden mungkin bisa dibilang ga ada keuntungan secara langsung (paling supenir sebatang pulpen yang entah macet entah kaga). Yes, itu mungkin bener (baru mungkin lho ya). Udah gitu kita juga mungkin akan kehilangan waktu dan tenaga selama beberapa menit buat ngisi (yaelah neng, berapa lama sih tinggal nyontreng2 doank kan, ga perlu tenaga banyak juga). Biasanya dua alasan besar diatas yang bikin orang males banget buat ngisi.
Tapi pernahkah kita berpikir kalau bantuan kita yang cuma 3-4 menit ngisi kuisioner didepan mata akan berarti banget buat seorang pelajar/mahasiswa/peneliti? Pernah ga berpikir bahwa “kerepotan” kita nyontreng (atau nyilang) jawaban itu ternyata udah bantuin orang yang sedang belajar, sedang berproses, dan sedang berjuang dalam mencapai pendidikannya yang lebih tinggi. Pernah ga berpikir bahwa hasil contrengan kita ini bisa jadi akan jadi suatu wacana atau bahkan jadi rujukan untuk generasi anak cucu kita kelak?
Oooh, jangan mikir sedangkal itu. Skripsi/ tesis selesai, dibukukan, dipajang di perpus, trus yasudah. Ga secetek itu ternyata Conk!!!. Jaman S1, gw ngambil manajemen pemasaran. Gw meneliti tentang kepercayaan terhadap suatu merek. Tema yang sederhana banget kan? Gw mikir abis survey, trus skripshit gw selesai, trus yaudah. Nope. Beberapa tahun kemudian setelah gw udah kerja mayan lama, gw dihubungi orang yang ga gw kenal samasekali lewat message di facebook. Dia bukan dari universitas gw, bahkan bukan dari kota gw juga. Dia mau tanya-tanya tentang penelitian gw, termasuk article rujukannya, karena kebetulan dia tertarik dengan tema itu untuk skripsi dia. Dan setelah gw googling, ada juga orang yang tersesat mencantumkan nama gw di citation penelitian dia. Oh jangan mikir gw ini expert sebagai peneliti. Gw ini mahasiswa gemblung yang lebih sering nongkrong di kantin daripada di perpus, yang kebetulan kampusnya menerapkan digital library. Sehingga ada search engine keparat yang menyesatkan beberapa orang yang mau melakukan penelitian dengan keyword tertentu ke judul penelitian gw.
See, perlu di catet dengan CAPSLOCK, italic, underline, dan bold, bahwa ngisi kuisioner dengan ketulusan itu PENTING. Ga cuma untuk si peneliti, tapi ga menutup kemungkinan buat orang lain di masa depan, termasuk mungkin anak cucu Anda suatu saat nanti.
Oke para responden, be good ya... Contrengan Anda menentukan kelulusan gw, menentukan bertambahnya tesis di ememui, dan mungkin kalo suatu saat anak Anda masuk ke portal digilib  bisa aja loh nemu tulisan saya untuk dirujuk...
*macem tesis gw bener ajaah*




0 Responses

Posting Komentar