Gangguin Masbojo Kerja di Medan #2

Semoga belum mules dan kram otak membaca postingan gw. Kalopun iya, ya terserah lw dah. Kan gw dah bilang, postingan ini ga penting. *minta dirajam*
Oke, mari lanjut...

Hari #3 – Senin,4Nov13
Iyesssssh, gw ditinggal Masbojo ngantor donks… Untung nya gw ada temen (senior gw sih sebenernya) di kantor Medan, Mbak Farida. Dan untungnya doi lagi ga sibuk (doi kan udah masuk eselon, jadi gw sebenernya ga berharap banyak) dan mau nemenin gw jalan-jalan. Horeeeh, anak kunyuk ini ada temennya! Pertama, gw diajak makan di RM Sop Sipirok, tapi sampai sana tutup aja gituuuh. Trus lanjut dikit lagi kita ketemu RM mie aceh Titi Bobrok. Tapi berhubung gw ga terlalu suka rasa mie aceh (buat gw mie ya mie jawa, manis), maka melipirlah kami ke RM sebelahnya, sop sumsum langsa. Yeeeaaayy!!! Kita pesan  dua porsi sop sumsum campur daging. Jadi pertama-tama yang keluar adalah sepiring nasi, trus sepiring sop daging dengan tulang segede gaban, dan terakhir mba Farida minta pisau kecil tapi tajem. Okeeeh, ni yang punya tempat makan emang pinter, dia ngeluarin pisau terakhir setelah makanan keluar. Mungkin dia tau kalo muka gw ni rada psikopat, jadi kalo pisau duluan keluar sementara nasi sop ga keluar-keluar, bisa jadi gw bakalan gelitikin ubun-ubun abang pelayannya pake pisau.
Sopnya ENYAK!!! Emang gw mayan suka sop sop bening beginih. Sumsumnya pun top. Jadi kita siram-siramin lubang sumsumnya pake kuah, trus aduk-aduk pake sedotan, trus sluurrrppp sedot deh. Nha si pisau gunanya buat mretelin daging yang masih melekat di tulang ituh. *gw berasa kaya bikin prakarya kerajinan tangan* Dan dagingnya yang nempel-nempel itu mayan banyaaak lhooh. Overall, puas deeeeeh. Kuahnya seger, sumsumnya mantem, dagingnya juga empuk ga pake perang ama sendok. Karena dibayarin, gw ga begitu apal harganya, tapi kalau nggak salah sekitar 100k Idr lah, untuk dua porsi itu (plus teh botol).
Abis dari situ, si Mba jemput anaknya di SMU 1 Medan dan drop off di mall apa gitu buat fitness. Dan kami lanjut ke Pajak Pusat. Ahahaha… Pajak Pusat bukan berarti Kantor Pusat Ditjen Pajak di Gatsu itu sodara-sodarah. Di medan pajak itu artinya pasar. Dan yang dimaksud Pajak Pusat itu adalah Pasar Central. Di situ ada kawasan pust perdagangan besar, ada mall trus belakangnya ada semacam pasar kios pakaian-pakaian, trus ada juga yang bener-bener pasar tradisional modern gitu.  Gw mau beli ulos buat kandjeng mami yang ofkors nyuruh nyari tenun-tenunan gituh setiap gw beperrgian.
Pertamanya gw nanya di belakang mall. Trus ditunjukin satu-satunya toko ulos di gedung itu (di bagian belakang gedung paling depan, bukan di pasar tradisonalnya). Abis liat-liat, gw memboyong dua lembar ulos seharga seratus ribu (harga awal dia nawarin 175 rebu). Menurut gw sih baguuuus banget dan worth enough lah. Karena emang kainnya tebel, terlihat mahal, dan tenunnya keliatan mahal. Macam yang pernah gw beli pas di Kupang atau di Makassar. Abis itu, udah sore, si Mba pun nganterin gw pulang ke hotel.
Malamnya, gw jalan lagi ama Masbojo. Mala mini kita mendedikasikan diri untuk makan-makaaaaaannn. Pertama-tama kita berbentor ke kawasan jalan Semarang (berjodoh lagi sama bentornya si abang Ucok yang mangkal di samping hotel). Disana konon katanya merupakan kawasan street food. Orang pada jual-jualan makanan di sepanjang jalan. Ada yang bener-bener ngemper di pinggir jalan, ada yang punya warung permanen. Hhhmm, semacam galabo di solo begitu lah. Tapi makanan disini mungkin ga semua bisa dinikmati temen-temen yang muslim ya, karena banyak-banyak makanan yang ga halal. Hehehe… Terus terang gw bingung makan di tenda/ warung yang mana. Karena informan gw juga cuma bilang: semua enak! Okedeh cap cip cup, kita milih yang ada bangunan rumah makan permanennya. Semacam ruko gitu. Kita pesen bihun bebek dan kwetiaw goreng, minumnya teh botol. Kwetiaw nya menurut gw koq “polos” banget rasanya yah? Ga manis, ga terlalu asin juga. Apa karena gw punya pemikiran kwetiaw itu harus manis??? Trus kalo kata Masbojo Bihun bebeknya B juga, so so lah. Total kerusakan juga kurang dari 100k Idr dengan penilaian B ajah. Ga sampai ga enak, tapi juga bukan yang enak. Hehehe…
Ga pake penutup tentu ada yang kurang donk. Nha next destination adalah nyobain martabak piring. Gw penasaran ama martabak yang konon katanya cuma ada di medan doank. Berdasar review dari blog-blog orang, kami melipir jalan kaki ke arah jalan sutomo. Pas di pojokan palang pintu, di mulut gang, ketemulah martabak piring nan kesohor itu (bukan martabak murn* ya, tapi afrizal – kalo ga salah). Apa sih martabak piring? Jadi martabak piring itu ga pada dasarnya sama kaya martabak manis biasa. Tapi nyetaknya di piring seng dan tipis-tipis. Jadinya hampir mirip ama kue leker kalo di Solo. Cuma kalo kue leker bener2 kaya crepes, ini lebih tebel dikit. Dan isiannya cuma meses dan keju (yang mana gw lupa ga bilang pake keju, jadi cuma meses doank). Di tempat in juga ada versi yang agak tebel, tapi ga setebel martabak unyil juga, cuma setengahnya. Jadi nanggung. Hehehe… 







Harganya sama, satu bijinya empat ribuan kalo ga salah. Dan overall, gw lebih seneng crepes atao kue leker atau martabak sekalian. Karena martabak piring yang tipis juga ga tipis-tipis amat, sementara yang tebel juga ga tebel-tebel amat. *abaikan selera gw yang mungkin aneh ini*
 
Abis dari situ kita ga segera nyari bentor, tapi jalan lagi ke kawasan jalan semarang. Bukan kenapa-kenapa, gw mau nurunin perut aja. Soalnya kita mau lanjut ke Durian Ucooook!!!! Ini katanya the best durian in the town. Walo banyak penjual durian, tapi Durian Ucok ini yang paling beken. Karena sepanjang waktu (walo ga musim) tetep ada dan dia punya pegawe yang pinter milih. Jadi katanya bisa request mau durian yang gimana. Ya jangan request durian rasa strawbery ato rasa jeruk juga kali cong! Maksudnya, kalo gw nih karena lama di bengkul*, gw prefer durian yang agak sedikit pait (durian khas sumatera kayanya) dan teksturnya kering kesed. Tapi ada juga kan yang lebih seneng durian nya manis pol dan lembek. Di Ucok kami makan dua durian, sayangnya durian pertama kami cuma berisi 4 biji. Ngook. Berhubung ga mau rugi, pas mau bayar, ofkors gw sebagai emak-emak irit langsugn melancarkan protes: “Pak, tadi koq yang bertama cuma isi 4 biji doank iihhh!”. Dan demi melihat muka gw nan gembel ini akhirnya didiskon jadi 50 rebu doank buat 2 butir. Ahahaha… Oh ya, kata Masbojo, di Ucok ini ada yang lucu, kalo beli siang hari maka harganya perbutir 25rebu tapi kalo malam 30 rebu. Entah bener ato enggak. Yang jelas itu durian gw pas beli di Bengkul* tiga butir cuma 25-30 rebu. Hwaaaaaaaaaaaaa… Pengen maen-maen ke Bengkul* lagiiiiih…. *akhirnya gw nemu sesuatu yang gw kangen di Bengkul*, yaitu harga durian yang murah meriah ampe muntah. Hahahaha…
Senin malam berakhir sudah, pesta pun usai...  Dua bolang kembali ke hotel dengan bentor yang mogok berkali-kali. Gw sih curiga bentornya keberatan ngangkut kami berdua. Hehehe…

Hari #4 - Selasa,5Nov13
Ini adalah libur tahun baru Islam. Tapiiii….. Masbojo tetep ngerjain tugas bareng timnya. Dan gw ngelayap sendiri donk. Gw udah janjian ama Pak Ucok Bentor buat ke pajak central lagi. Karena hari sebelumnya gw dah kirim foto ulos ke kandjeng mami dan doi happy dan menitahkan gw untuk beli lagi buat seragam keluarga malam natal. *resiko punya emak hobi kembaran* Baeklah, demi emak gw, gw nanya-nanya temen gw yang aseli medan dan katanya yang jual ulos-ulos itu bukan yang di gedung yang gw kemaren beli, tapi di gedung pasar satunya. Oke Pak Ucok, cuuus kita kencan.
Sampai di gedung pasar tradisional modern yang dimaksud, emang gw liat buanyak kios ulos. Ada kali 20an penjual. Cuma gw liat ulos-ulosnya itu yang memang yang ramaai kali pun. Bukan yang mirip kain tenun yang gw beli kemaren. Gw sempet nanya di beberapa tempat, apa jual ulos yang mirip gw beli kemaran (untung gw agak pinter, gw bawa ulos yang kemaren), dan mereka rata-rata bilang itu ulos mahal harganya 450-550. Wadefaaaaaaakkk… Gw berarti ga salah beli kaaaan?
Oke, setelah dua tiga orang bilang harganya segitu, gw dengan mantap balik ke toko yang kemaren. Dan disana pas banget ada orang yang lagi mau ngeborong itu. Gw dengan keahlian bak pencopet ulung langsung secepat kilat langsung nyisihin yang mirip punya gw, daripada udah di tag ama orang lain kaan? Dan dapetlah satu lembar yang sama persis dan dua lembar yang sedikit ada tambahan warna. Disitu juga gw beli beberapa lembar lagi yang murah-murah (50rebu dapet dua lembar yang kecil-kecil) bakal rok gw. Oke, nantikan posting edisi natal yaaak… Supaya bisa liat hasil perburuan gw ini. Hahaha… *berasa sok artis*
Pulang dari pasar (ditungguin Pak Ucok Bentor) gw melipir ke salah satu tempat makan yang khas, Soto Kesawan. Ternyata tempatnya sederet dengan Tip Top bakery. Gw beli bungkus bawa pulang dua porsi soto udang paru untuk makan siang gw dan Masbojo dan sebungkus soto lagi buat Pak Ucok. Untuk tiga porsi ini abis sekitar 70k Idr. Sampai hotel, gw makan separuh doank karena ternyata banyak. Sotonya bukan soto bening, tapi hampir mirip soto betawi yang bersantan. Tapi rasanya agak sedikit beda sih. Somehow, gw lebih seneng soto kesawan ini daripada soto betawi. Kalo isiannya disamping daun bawang, potongan perkedel, dan bawang goring, isian utamanya bisa milih paru, udang, ayam, ato lainnya. Gw milih udang paru karena unik aja ya. Udangnya gede-gede, udah di rebus, trus dipotongin.
Dan konyolnya, saat yang sama, Masbojo makan diluar dan beliin gw BPK (Badan Pemeriksa Keuangan, NOT, Babi Panggang Karo) Tesalonika. Yeeesss, BPK ini memang salah satu makanan inceran gw, mikirnya tar malam aja kita sana. Eh ternyata Masbojo pengertian dan mau bungkusin. Yasudahlah, selasa sore itu kita pesta makanan di kamar. Ada soto kesawan dan BPK. *ampe mual liat kamar*
Dan berhubung gw ini adalah istri yang banyak mau, maka gw bilang ke Masbojo mau durian lagi. Ahahahaha… Yang mana suami gw udah bosen kali, toh baru semalam. Tapi demi menyenangkan istrinya yang cantik jelita ini, maka dia pun mau nganterin ke Durian Ucok lagi. Kali ini kami cuma makan ditempat sebutir (yaeyalah, doi hampir ga bantuin), dan sebutir lagi gw bawa pulang di dalam Styrofoam (semoga ga ketauan orang hotel).
Malam itu kita tuker menu, Masbojo maem soto kesawan dan gw maem BPK.

Hari #5 - Rabu,6Nov13
Huhuhuhu… Last day di Medan buat gw, tapi ga buat Masbojo. Hikss… Jadi hari ini gw balik ke Jakarta, sementara Masbojo masih nerusin tugas lagi. Aaaaaarrrrhhh…
Sebenernya pesawat gw pake Tigro Air malam hari. Tapi karena gw mau naek kereta dan gw ga mau kemrungsung, maka gw berencana naek kereta dari Stasiun Medan jam 15. Sehingga siang-siangan gw udah cus dari hotel. Diantar Pak Ucok (lagi), gw muter-muter ngambil pesenan Meranti dan Zulaikha. *orang Endonesah, pasti kepikiran oleh-oleh*
Meranti ofkors gw pesan keju special. Bolunya emang bener-bener maknyus yaaah. Dengan keju yang sangat royal. Me like it deh… Kalo bika zulaikha ini sebenernya gw ga terlalu hobby sih, tapi pakde gw ada yang suka dan doi udah superkode minta dibawain. Sebagai ponakan yang kece dan berbudi luhur, gw tentunya beliin donks. Dan si situ juga ada berbagai macam oleh-oleh macem manisan. Oh ya, kata Pak Ucok, sejalan situ banyak banget bika-bika lainnya. Dan ada beberapa yang enak juga (lupa gw nama2nya), Cuma yang paling beken ya si Zulaikha ini. Sampe punya dua toko, punya anak sama ibunya gitu.
Oke, waktu abis, uang abis, mari pulang.

End-up….
Secara keseluruhan gw menikmati banget di perjalanan gw Medan ini. Hotelnya enak, ramah-ramah banget orangnya (mungkin karena Masbojo udah mayan lama juga stay disitu, jadi kenal banget), tempat makannya cihuy-cihuy walau sebenernya masih ada satu makanan yang gw masih penapsaran, yaitu dimsum ayong. konon katanya dimsum ini terkenal oke di Medan (warning: ga halal). Dan yang kurang lagi adalaaaah, kita ga sempet jalan ke tempat wisata bersejarah atau wisata alam *Danau Toba didepan mata sodaraaahh!!!*. Tapi ya mau gimana. Perjalanan kali ini kan perjalanan dines Masbojo, gw cuma semacam tokoh yang menduduki peran antagonis yang mengganggu kenyamanan hidup tokoh utama. Ya bisa diibaratkan walo gw ini seimut candy-candy, tapi buat Masbojo mungkin kelakuan gw udah kaya Shin Chan yang selalu ngeganggu kalo ibu gurunya baru kencan atau seperti Giant yang ganggu kalo Suneo punya maenan baru. 
Wokeeeh, poto-potonya nyusul ya, nunggu Bang Toyib Masbojo pulang dari KalTim, soalnya kamera dia bawa.  
dibuang sayang, diliat ngakak!













1 Response
  1. Unknown Says:

    asiknya belanja kuliner di Medan. jdi kepengen ke sana lagi nih. thx infonya.
    yogrosir


Posting Komentar