Gangguin Masbojo Kerja di Medan #1

Dari judulnya udah ketauan kan, ini posting jelas absurd. So, gw peringatkan dengan sangat sungguh-sungguh, ini akan memakan waktu yang lama, postingan yang panjang dan melelahkan (bahkan di word pas gw bikin draft, jadi 7 halaman, jadi mau gw separate jadi dua postingan). Jadi plis plis plis, *gaya 4l4y* segera tutup halaman ini dan matikan koneksi internet lalu tutup laptop lw. Atau kalo kalian nekad baca, kalian akan dibuat mual, muntah, kejang, kram bola mata, bahkan bisa jadi kalian justru akan menderita depresi berkepanjangan. Ataaaauuu, bolehlah kalian beli kacang rebus ke abang-abang keliling dan bikin teh manis anget, lalu duduk manis dan mulai membaca. Semoga itu mengurangi ketegangan kalian membaca postingan ini. *buset otak gw ni emang ga jelas keberadaannya*

MEDAN Bah!!!

Okeeeh, kemudian daripada berlanjut gegana –gelisah galau merana- di Jakarta sendirian, gw putuskan untuk gangguin Masbojo di Medan. Ahahaha… Sabtu siang gw nyusul ke Medan. Yeees, Medan ini salah satu kota yang emang pengen gw kunjungin selain Manado, Babel, Bali (lagi), dan beberapa kota lainnya. *koq banyak aja pengenannya*. Selain itu, Medan juga salah satu kota di Sumatra yang gw belum pernah icipin. Setelah pernah tengok Palembang, Jambi, Pekanbaru, dan Bengkulu. Oke, walo ini bukan blog turis ato review makanan, tapi gapapa donk gw review jalan-jalan ke Medan kemaren.

Hari #1 – Sabtu,2Nov13
Jadilah, Sabtu siang  dengan pesawat singa air itu gw cus ke Medan. Sempet delay hampir sejam sih, tapi yaaaa, masih sangat tolerable kalo buat gw yang pernah delay lebih dari semalaman dengan singa air ini. Landing di Bandara -yang so called the biggest one- KualaNamu jam 2-3an siang. Karena Masbojo ga bisa jemput ke bandara, gw disuruh naek kreta sampai Stasiun Medan dan dari situ si Masbojo baru jemput.
Oh ya, kereta ini konon katanya proyeknya PT. Angkasa Pura dengan PT. KAI. Stasiunnya udah terintegrasi, nyambung sama teras bandara, ngesot nyeret koper juga ga sampai 5 menit. Dengan jarak tempuh sekitar 30an KM, dia mematok tarif Rp. 80.000,- Mayan mahal ya kalau dibandingin dengan kereta Pramex Solo-Jogja yang menempuh jarak sekitar 75an KM dan hanya perlu membayar Rp. 10.000,-.  Jam keberangkatan dalam sehari ada beberapa kali, kayanya sih sekitar dua jam sekali gitu lah (belum sesering DAMRI rawamangun-Soetta, hahaha). Kereta nya sih masih bagus, mungkin baru (atau di cat baru). Dan pas gw naik itu, penumpang ga sampai setengah, jadi walopun di tiket ada seat number tapi pada kenyataannya kita boleh bebas jalan-jalan milih gerbong mana (ada 3-4 gerbong mungkin). Pelayanan petugasnya bagus banget. Waktu itu sebenernya gw landing ga terlalu mepet banget ama jam keberangkatan kereta, tapi gw ini kan udah uzur, jadi pake beser dulu lah, baru abis itu keluar dengan nyantai nanya ama petugas informasi dimana letak stasiun (yang mana di depan mata gw). Trus pas ketauan gw mau naek kereta dan udah mefeet kurang bentar lagi tu kereta berangkat, tu dari satpam depan sampai petugas di dalem helpful banget memfasilitasi dan mengamankan jalan gw yang udah setengah lari-larian ke counter penjualan, trus mereka juga ikutan ngarahin gw ke arah rel. *yess, gw emang hobi bikin heboh ya Cyint!* Menurut jadwal sih perjalanan sekitar 40an menit, tapi entah mengapa pas gw kemaren sampai hampir sejam karena musti brenti di tengah jalan nunggu ada simpangan kereta yang menuju bandara gitu kayanya. Dan yang paling lucu lagi, pas mau sampai stasiun Medan, ada petugas yang ngasi informasi kedatangan dengan pake semacam pengeras suara sambil keliling-keliling ke seluruh gerbong. *yaaa, macem tukang obat aja kan?*
Setelah dijemput Masbojo, first destination, karena gembel di perut gw udah menuntut hak makannya, maka dari Stasiun Medan langsung ngesotlah dua bolang ini ke Merdeka Walk. Konon katanya ini pusat gawulnya anak muda Medan. Lokasinya tengah kota banget, sebelahan ama lapangan merdeka. Trus ada semacam foodcourt. Gw melipir ke Nelayan Resto yang terkenal pancake durian ama dimsumnya. Gw makan seporsi nasi+ayam bakar dan teh anget, sementara Masbojo makan dimsum 2 klakat (gw jg ikut nyicip sih) dan es lemon ato apa gitu. Ayam bakarnya so-so, tapi dimsumnya mantep. Total kerusakan ga sampai 100k Idr. Abis dari situ, kita langsung ke hotel. Kali ini Masbojo and team nginep di Emerald Garden Hotel, jalan Yos Sudarso, depan Pom Bensin Putri Hijau. Ngaso2 gegoleran dulu conk. Anak mudanya tepar iniiih!!! Malamnya gw sih ga laper tapi Masbojo pengen makan, jadilah kami jalan kaki liat-liat seputar hotel dan nemu Waroenk Steak. Yasudahlah. Udah malam ini, makan situ ajah. Gw sih ga makan beneran, cowal cowel French fries doank.

Hari #2 –Minggu,3Nov13
Kebetulan hari Minggu, gw dan Masbojo musti ke gereja buat kami kebaktian. Tapi yang tricky adalah, gw musti nyari gereja yang GA PAKE BAHASA BATAK. Wkakakakakak… Malam sebelumnya pas jalan kaki cari makan kami sempet survey ke perumahan belakang hotel, ada gereja apa gitu. Tapi gw ga yakin dia pake bahasa apa dan mulai kebaktian jam berapa, soalnya ga ada papan yang nunjukin keterangan nya.
Akhirnya setelah cap cip cup browsing (thanks to Gugel ofkors), kami membulatkan tekad ke GKI Sumatra Utara yang jelas-jelas pake bahasa Indonesia. Tentu masi sambil berharap semoga pendetanya bener2 pake bahasa Indonesia yang baik dan bener, ga pake selipan bahasa batak. Karena sering gw kebaktian di Gereja Kristen Jawa, walau gw datang di kebaktian yang bahasa Indonesia, tetep aja kadang ada celetukan bahasa Jawanya. Ato pernah juga gw ke HKBP Rawamangun, udah ambil yang jam kebaktian bahasa Indonesia sih, tapi ada jokes ato celetukan pendetanya yang bahasa batak. Mana eijk ngaartiiii…. Hahaha…..
Jam 9. 15 an kita cuus ke gereja. Dan kita naek bentoooorrrr bapak-bapak yang di samping hotel… Senangnyaaaa, akhirnya gw ngerasain naek alat transportasi terhitz dari Medan. Perjalanan cepet banget, dengan bayar 15 rebu, 15-20 menit kita udah sampai di GKI  Sumatera Utara. Oh ya, salah satu hal yang perlu gw garis bawahi disini adalah, perjalanan anda di medan dengan menggunakan bentor adalah masalah pertaruhan nyawa, masalah antara hidup dan mati. Karena ga jauh beda ama abang bajaj di Jakarta, hanya si abang yang tau kapan dia mau belok, nikung, dan nrobos jalan searah. Jadi kalo ada istilah “hanya si abang dan Tuhan yang tau kapan mereka belok”, menurut gw bahkan mungkin Tuhan aja belum tau. Was wes was wes… *untung jantung ku iki ori gawean e Gusti, nek KW gawean China lak wis rontok*
Oke, lanjut ke kebaktian. Ternyata web yg kami baca ga update. Jadi jam kebaktian yang kami baca itu jam 9.30, begitu sampai sana kami tanya petugas ternyata Ibadan mulai jam 10. Okesip. Bisa menenangkan jantung yang nyaris ambrol karena naek rollercoaster versi jalan raya. Karena dateng kepagian, jadi gw masih dapet tempat duduk di dalem gedung. Gedung tempat kebaktian itu lumayan kecil, tapi tinggi, dan kayanya arsitektur nya lawas banget.
Gw sempet dengan noraknya pepotoan dalem gedung. Bagus. Trus pas liat2 ke arah teras, Masbojo nyadar bahwa depan gereja ini adalah SUNplaza, mall paling heitz se-Medan. Gw langsung towel-towel minta makan siang ke sono ntar pulangnya. *halasaaan, bilang aja pengen ngemall* Trus kata Masbojo pula, disamping gereja ini tuh pemukiman orang-orang keturunan India dan ada kuil yang bagus. Tapi sayangnya karena niat kami ini cuma ke gereja, jadi ga bawa kamera. Huhuhu…
Pulangnya, dengan alasan mau cari maem, kami melipir ke SUNmall. Dan tuh bener aja, begitu masuk mall, counter HushPup manggil-manggil dengan kata SALE. Dan akhirnyaaaa…. Gw ngadopsi tas kanvas warna merah buluk disertai dengan senyum konyol Masbojo. Zzzzzz… Dan saking bingungnya makan apa di SUNmall, setelah cap cip cup, kita milih makan di warung penyet Ibu Rut gitu. Gw makan nasi lele goreng penyet, tempe penyet, dan sayur asem sementara Masbojo makan soto ayam. Minumnya gw lupa. Pokoknya total kerusakan ga sampe 100k Idr lah. Walo ga terlalu maknyus, tapi lumayanlah… Trus kita cus pulang dengan nyari bentor yang berderet di depan SUNmall. Yeuk, 15 rebu lagi. Dan gw sempet notice, kayanya emang walo mereka nawarin pertama 25rebu, tapi tar abis kita tawar jatuh2nya kemana-mana ya 15rebu koq. Apa ada semacam patokan tarif terrendah yaa?
Abis bobok siang demi memulihkan stamina setelah gempor muterin mall, jam 5an kita jalan lagi. Kali ini kita niyatin mau ke rumah Tjong A Fie dan lanjut ke kota tua. Keluar hotel, ofkors nyari bentor lagi donk, dan 15 rebu lagi. Unfortunately, sampai di Tjong A Fie ini, PAS pintu gerbang ditutup karena udah jam tutup. Grog groooog… *penonton kecewa* Akhirnya yasud, kita cuma pepotoan di teras dan di taman nya. Sempet ngalor ngidul di jalanan depan Tjong A Fie. Sempet ada yang mau jahatin kita juga lhoh. Kejadiannya pas gw di pinggir jalan, dan Masbojo posisi ngambil poto di seberang jalan. Gw dengan slebornya ngeluarin tablet kan, mau search apa gituh. Tiba-tiba Masbojo tereak-tereak panik: “masukin tablet, pegang tas!”. Pertamanya gw ga ngeh, tapi gw nurut aja. Trus Masbojo nyebrang dan nyamperin gw lalu narik gw masuk ke teras bank yang rada terlindung. Kata doi, tadi ada dua orang mencurigakan, naek motor ngeliatin kamera dia, trus abis itu ngeliatin gw yang maenan tablet, trus dia puter balik (padahal itu jalan searah lho). Gw ini pikirannya lempeng, ga curigaan, gw belum percaya ceramahnya Masbojo. Eladah, selang beberapa menit kemudian, satpam bank itu ndatengin gw dan nanya: “Ibu dari mana? “. Gw bilang kalo gw dari Jakarta (ato solo yah?). Trus dia bilang: “ibu hati-hati ya. Itu tadi mau dijambret. Saya liat ibu dari tadi udah diincer. Saya udah mau peringati, untung Bapaknya segera ngajak naek sini. Itu dah biasa Bu, jalan sini memang daerah dia. Cuma kalo di depan kantor sini dia ga berani.”.  Huhaaaaaaaahhhh… *elus dada sendiri*
signature style
saking jarangnya dipoto, gw berasa masbojo ini hanya cameo diblog ini. hahaha...
Setelah kejadian itu, gw pegang erat-erat tas gw. Nyesek juga kaaan, kalo sampai kenapa2. Trus perjalanan si bolang lanjut ke Tip Top Bakery. Huraaayyy… Mimi es klim!!! Kalo Jakarta ada Ragussa dan Baltic, di Medan ada Tip Top. Tempatnya kayanya udah jadul-jadul gitu, ditambah gambar-gambar tempo doeloe, makin keliat kuno lah. Kami duduk di ruang dalem, tapi yang pojok deket teras, belakang meja kue.
Kita makan 3 menu eskrim: Mexicanner, pukler yang mirip es krim lapis gitu, trus satu lagi lupa namanya apa, plus dua potong kue. Rasanya? Ehhhmmm… Selisih dikiiiiit banget sih sama Ragussa. Lebih lembutan Ragussa menurut Masbojo. Tapi kalo susu dan manisnya udah pas sih. Kalo menurut gw sih sama aja. Secara gw dijejelin es lilin tiga rebu di kota tua Jakarta aja udah seneng minta ampun. *lidah dan perut ga berkelas* . Gw sempet liat, orang-orang beli kue disitu buat acara dirumah (beli sampai berdus-dus). Gw kira, kue nya ya biasa aja donk, secara jualannya eskrim. Kirain kue dijual cuma buat temen mimi es gitu. Ternyata ampe dipesen-pesen. Berarti pasti rekomended banget lah. Dan emang bener, kue-kue nya juga enak. Total kerusakan juga ga separah di Ragussa lhoh. Untuk 5 item makanan itu kita bayar sekitar 60k Idr.
Selesai makan, Masbojo sempet foto-foto suasana malam di sepanjang jalan dan kita pulang dengan bentor lagi. Hahaha… Sampai hotel kita TEPAAAR!!! Tapi Masbojo sempet keluar bentar maem kaepci sama temennya. Gw nitip french fries sih, tapi bahkan ga kemakan ampe besok paginya. Hihihi…
Bersambung di postingan berikut deh...