sugeng tindak Mbah Putri
*dan aermata gw mulai menggenang* 
 Ayem ing Gusti Yesus,
lerem aneng swarga,
ingauban ing sihNya,
iba ayemira...
 Wonten swara ngumandhang,
lir endah pramukti,
ning swarga samya ngidung,
lan enggaring ati... 
(kidung jawi)

Ya, itu salah satu lagu kesukaan gw. Setiap denger atopun menyenandungkannya, gw berasa ada kedamaian. Kalo kurang jelas artinya, gubahan dalam lagu bahasa indonesia nya seperti ini:


S’lamat di tangan Yesus,
aman pelukanNya;
dalam teduh kasihNya
aku bahagia...
Lagu merdu malaikat
olehku terdengar
dari neg’ri mulia:
damai sejahtera. 
(Kidung Jemaat 388)
 
Biasanya lagu tersebut jadi lagu andalan wajib yang sering dinyanyikan pada saat upacara penghiburan atau penguburan seseorang (bukannya ga boleh dinyanyikan pada saat laen ya).
Dan hari ini gw lagu itu mungkin juga sedang dinyanyikan di suatu tempat disana. Ya... Istri pendeta gw, Sri Magdalena, atau yang biasa gw panggil simbah putri sudah sowan ke rumah Tuhan di sorga.

Kira-kira tiga mingguan yang lalu pada saat rapat panitia pernikahan Pink (anak ke limanya), Mbah Putri tiba-tiba harus dilarikan ke RS Dr. Oen Solo Baru. Entah sakit apa gw kurang ngerti. Dokter pun bilang kalo sepertinya si Mbah ga mungkin bisa pulang (walo cuma sehari-dua hari) untuk mendampingi Mbah Kakung Hadipranoto menikahkan Pink. Tapi Puji Tuhan, sehari sebelum hari pemberkatan, si Mbah diijinkan pulang. Jujur gw ikut seneng bacanya (gw update inpo beliau tentunya dari BBM anaknya yang tinggal di Surabaya). Selesai acara, kalo ga salah hari senin gw sempet BBM oom Ung juga, menanyakan gimana pernikahan si Pink dan kesehatan simbah putri (karena gw emang ga bisa mudik). Saat itu Oom Ung bilang: "simbah sehat". Seneng gw dengernya.
Hari Rabu malam seperti biasa gw maen badminton di kantor. Jam 8an gw selesai maen gw cek HP, eh ada telpon mama beberapa kali, dan ada SMS juga. Dari mama: "Mbah Putri kritis". Gw agak sedikit kaget. Koq bisa ya kemaren dah sembuh. Trus gw telpon mamapapa yang lagi di RS barengan ama beberapa jemaat laen, kata papa tadi simbah serangan trus langsung kritis. Jam 10.30an gw pulang kantor gw sms papa nanyain gmn update kabar dari RS (entah kenapa gw sempet kepikiran koq kayanya simbah udah "deket"). HP mama yang bales: "Mbah putri sangat kritis.". Dan gw sempet ketiduran bentar, tapi 15 menit dari mama sms, papa ganti yang sms: "Barusan simbah putri sowan Gusti. Ima tenang ya. (papah)". Gw langsung telpon, mastiin. Mama bilang: "simbah udah meninggal, tp jangan kasi tau Oom Ung karena dia otw takutnya ga konsen nyetir, juga mba etha masi di jkt". Jujur gw bingung. Mau nangis tapi ga bisa nangis, tapi rasanya nyesek2 megap2 dikit. Akhirnya setelah gw berdoa gw berusaha buat tidur. Tapi tetep aja, gw kebangun-kebangun, update info dari BBM dan statusnya Oom Ung gw malah makin miris karena dia masi berharap simbah lewat masa kritis, sementara gw udah tau ibu nya dah meninggal dari jam 11.
Sebenarnya simbah bukan siapa-siapaku. Bliau adalah istri dari pendeta  di GKJ Baki tempat aq beribadah, Ds. S. Hadipranoto. Entah kenapa, kami sekeluarga tuh bisa deket banget dengan keluarga Mbah nDeto (gw dan ian manggil begitu). Dan dengan anak-anaknya pun kami sangat hangat.  Mungkin karena gw ga punya simbah yang bener-bener gw kenal kali ya? Simbah Putri dari papa meninggal waktu papa masi SMA, Simbah putri dari mama meninggal pas gw masih eSDe kelas 1. Jadi gw ga bener-bener merasa punya seorang mbah. 
Mungkin gw satu-satunya jemaat yang akan memeluk simbah kakung-putri erat-erat serta mencium pipi mereka yang sudah terliat sepuh ketika bertemu di gereja. Kalo jemaat laen selalu bersikap sopan dan santun ke bliau-bliau, kalo gw ama si mas bisa bludhas bludhus masuk ke rumah bahkan sampe ke kamar simbah (bukan berarti gw ga hormat ya, tapi kami sudah merasa seperti keluarga).  *kembali mewek* Gw inget 3 taun lalu saat gw pertama kali akan merantau ke Jakarta barengan ama si Mas yang merantau ke Makassar, kami sempet pamit ke pastori dan simbah kakung mendoakan kami. 
gw nyomot foto ini dari DP nya si Mega. Gw ga tau pasti ini Mbah Putri udah meninggal ato pas kritis

Hufff...
Mungkin Pasti ini skenario yang terbaik yang Tuhan sudah tuliskan untuk Mbah Putri. Selamat Jalan Mbah Putri, kami menyayangi dan merindukanmu...
Miss An, Oom Ung, Mba Etha, Mba Yas, Pink, Mega, dan Simbah kakung, yang kuat ya...

*andai aja gw bisa pulang*
*bulan depan mudik, harus sempetin nyekar ke mbah2*
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar