April, bulan penuh cuti: Makassar... Aku datang!!!
hari ke-1
Sabtu pagi buta terong, 21 April, gw meluncur ke 1-c, gw mau pigi ke ..... eng ing eng...... Makassaaar!!! Ngapain? Piknik ajah. Nengokin si Mas. Mamapapa jg dateng koq dari solo. Kita kumpul lengkap sekarang. Horeeee... *joged koprol di di Bandara Hasanudin*
Dan hari pertama itu berlalu dengan gw sukses ngorok tepar  berdua aja ama si Mas dari sore ampe malam di salah satu kamar di Horizon, karena mamapapa kena delay di cengkareng. Gw ama Mas udah parno aja, takut si mama kecapean. Soalnya mama tu ringkih banget badannya. Tapi Puji Tuhan lah, kata papa mama sehat-hebat-kuat-nakal. *ga usah heran, itu yel di keluarga gw:sehat, hebat, kuat, nakal* *keluarga yang aneh*
Mamapapa dateng udah malam dan jelas keliatan capek (nunggu). Trus kami ga pergi ato makan kemana-mana. Soalnya eh soalnya mama bawain kami ayam goreng mbah karto sukoharjo. Errr... Ga terkenal yak? Baiklah, mari saya diskripsikan! Itu ayam gorengnya sih ayam goreng gurih biasa. *masih bisa nahan ngences* Trus apa yang bikin beda? Sambelnya pemirsaaaahhhh!!! Sambel nya campuran dua, sambel: sambel bawang mentah biasa dan sambel blondo. Ga tau sambel blondo? Emmmhhh... Sebenernya gw jg ga tau persis bikinnya bijimana. Tapi kata mama sambel itu dari santan yang di kentalkan ato semacam gitulah. Jadi rasanya guriiiihhh bangeeeeeeeeettt... *mulai netesin ences* Aduuuuwhhh... pokoknya tuh ayam goreng juara lah. Nyarinya juga susaaaaaaaaaah banget. Ga ada dimana-mana. Kudu pulang ke solo. Hihihihi...  Udah kaya putri pariwisata solo aja ya gw?
Jadilah malam itu kami berdua kaya orang kelaperan ga pernah dikasi makan tereak-tereak ketawa kesenengan makan sambil glesotan di lantai hotel. *ndeso pwol deh*


hari ke-2
Minggu nan grusa grusu pun dimulai dengan gw yang panik *boong dink* karena ga bawa baju pantes buat ke gereja. Yeah... Akhirnya gw ke greja dengan jeans + kaus + sepatu keds. *gw udah macam pembantu anak ilang aja sebelahan ama mamapapamas yang kece2*

Pulang gereja sempet makan di warung yang Mas sering makan. Makanan jawa gitu. Tapi gw ga mam, karena udah full. Abis itu si mama bersilahturahmi ama ibu kost nya si Mas yang udah baik banget ngasi tumpangan jaman si Mas baru-baru banget di Makasar. Trus, biasalah kalo ajak mak babe, belon juga piknik, tapi udah geger ke pusat oleh-oleh di Sombaopu (bener ga?). Hehehe, gw juga bebelian sy... Siapa yang nolak coba, kalo ditawarin belanja dan dibayarin pulak! *bilang makasih sambil muka lempeng padahal hati jejingkrakan*

Pulang dr kalap bebelian, gw udah munyu-munyu karena kelaperan. *salah sendiri tadi ga makan* Siapa sih yang tega ngeliat anak manis ini kelaperan? Akhirnya ngesotlah kita ke Coto Makassar Nusantara (atas permintaan gw pastinya). Gw dah pernah kesini sih dulu. Dan tetep enak aja gitu! *anak maruk* Setelah anak ini dikasi makan dan anteng, melipir deh ke Fort Rotterdam. Senangnya pergi bareng tu ya, gw bisa bebas berekspresi dan dipoto, soalnya si Mas bawa kamera, papa juga bawa handycam nya. Jadi gw adalah satu-satunya obyek kamera mereka. Mama mah udah lewat kali ya masa genitnya. Jadi ya cuman gw yang kemana-kemana jeprat-jepret dengan berbagai gaya aneh gw. *sumpah ya, bersama mereka gw tetap merasa sebagai anak 15 taun yang caper*
ini poto rada bener
mulai pose aneh









tolong abaikan kelakuan gw! *salam nguk nguk nguk*


mohon jangan liat kaki segede tales bogor



Abis dr benteng kami pun pulang. Istirahat bentar. Cuapeeeeek sumpah, tapi seneng donk ya... Malamnya kami di traktir temennya si Mas yang pernah diajak maen ke Solo, Ompung Maurid. Mam di fat dragon. Yaolooo... Si anak manis ini mau munt*h aja ngeliat porsinya bener-bener se naga gendud. Banyak ajah gitu! Mama papa pesen nasgor seporsi yang ukuran small aja masih nyisa separuh *tadahin di perut gw* *gleg*. Trus ayam goreng terasinya yang ukuran small juga sampai nyisa separuh. Padahal itu ayam goreng enyaaaaakkkkk banget. Belon lagi menu suki-sukian dengan kuah tom yam nya bikin gw garuk-garuk meja saking uenaaaaakkkkkk. Over all kita (gw, mas, dan ompung Maurid) puas banget makan disitu: banyak dan enak. Tapi kalo mama papa malah bilang: ENEG. Hahaha... Keliatan ya, siapa maruk???

hari ke-3
Senin pagi sembari gw ama papa sarapan, si Mas pergi ngantor bentar. Mama kemana? Berhubung mama ga biasa sarapan, mari kita biarkan saja dia ngeteh di kamar. Biar perut gw aja sama papa yang kampungan ini makan dengan puas di resto. Makanannya enak enak dan enak. Pas lah ama lidah gw yang gragas ini. Trus abis si Mas dateng, kami pun pergi ke Taman Nasional Bantimurung.
pintu masuk kawasan bantimurung
Ada apa aja disana?  Jadi itu kawasan di kaki perbukitan yang sudah ditetapkan jadi areal taman nasional. Salah satunya ada penangkaran kupu-kupu dan museum kupu-kupu. Tapi e tapi, pas gw kesana ga ada kupu-kupu idupnya. Ternyata dome nya baru di perbaikin ato gimana gitu lah, jadi kupu-kupunya baru di pindahin. Jadi kami ga bisa ke penangkaran nya, cukup ke museumnya.
ada museum cupu-cupu, eh kupu-kupu
Trus ada semacam taman ato  kalo gw bilang sih hutan wisata. Begitu masuk gerbangnya, sebelah kiri  tuh bukitnya kaya dinding batu yang ditumbuhin tanaman-tanaman dan lumut-lumut, ada air-air tanah yang merembes trus ngucur seger lucuk,  trus jalanan  nya udah di paving block,  dimana-mana ada puun-puun yang ijo royo-royo.  Agak masuk lagi ketemu air terjun kecil  dan sungai buat berenang-renang. Cakep bener deh suasananya. Tempatnya adeeeemmm, ijo, lembab. Beda banget sama Makassar kota nya yang panas banget.  Me like it. *kalo deskripsi gw kurang lengkap, cek aja ke sini ato sini*
 dinding batu yang ngucurin aer
ada aer terjun nya kecil






Trus juga kalo nyusurin undakan-undakan ke atas nya akan nemu goa. Errrr.. goa ya? Boleh ga ga usah masuk? *cemen preman takut gelap*

lihatlah muka gw yang lempeng krn takut masuk goa


lega keluar dari goa




Pulang dari sana udah agak sorean. Tentunya si anak manis ini udah rewel minta dikasi mam. Baeklah, meluncur ke palubasa serigala. Siapa yang minta kesana? Ofkors gw doooonk!!! Pulang makan, mama papa udah ga kuat lagi gerak, langsung naek ke kamar di lantai 5. Dan kehebohan terjadi: gw dinyatakan ilang (Posting terpisah aja deh ya.)...
Malamnya gw ama si Mas yang pergi cari makan di luar buat di bungkus pulang. Dan tidooooooooorrrrrrrrr lelap karena kecapean.

hari ke-4

As usual, cuma gw ama papa yang turun mam, mas kan ke kantor, dan mama ga mau sarapan. Abis sarapan kami meluncuuuurrrr ke Pantai Akkarena. Buat apa? Poto-poto doank. Lha ga bisa nyemplung koq. Panas gilaaaaak! *salah siapa ke pante siang bolong?*
 
jadi inget di ancol itu ga sih?
dengan pose aneh (lagi)


Abis numpang poto di Akkarena, melipirlah ke Losari yang tersohor itu. Tapi ya cuman buat numpang poto. Masa tengah hari bolong maen bebek-bebekan? Gw makin eksotis donk tar! *aslinya jg dah geseng*



Kelar pepotoan di pantai-pantai, Ian ngajak pepotoan di Gowa (bener ga ya daerahnya). Itu ada perkampungan adat. Isinya rumah-rumah adat dari berbagai suku di Sulawesi Selatan. Tapi koq  sayangnya ga terawat ya? Banyak yang kosong trus lapuk (kan dari kayu semuah). Yang berpenghuni pun banyak yang lusuh. Ada kali 20-30an rumah dari takalar, selayar, toraja, dll. Menurutku sih bentuknya mirip-mirip semua, kecuali yang dari toraja. Semua dari kayu-kayuan, trus model panggung ada undakan nya di teras rumah buat naek ke rumah nya. Undakannya ada yang di depan persis, ada yang di samping. Ya gitu-gitulah variasinya. Cek aja di sini kalo mau liat-liat.




 Masih di daerah yang ga terlalu jauh dari situ, kami melipir ke bekas kerajaan Gowa. Namanya Balla Lompoa. Agak heran sih, kalo yang gw tau di Solo kan kerajaan nya tuh gedeeeeee banget. Udah macam kota; ada alun-alun, perumahan penduduk, trus kratonnya, trus dipagerin benteng. Tapi disini koq kecil. Kalo liat arealnya cm sealun-alun gitu. Trus ada dua rumah panggung dengan halaman aja. Ga ngerti deh eike. Apa ini kratonnya doank ato museumnya doank.



Disitu disewain baju-baju tradisional. Seorangnya 30 rebu. Trus siapa yang tertarik? Siapa lagi kalo bukan banci poto iniiiih!!! *tunjuk tangan* Semua ga pengen make, cuma gw aja yang loncat-loncat pengen pake. Trus mama deh turun tangan dandanin anek ini biar ga rewel.
Tuh, pose gw dah mulai eksrim lagi kan? *mama ngelus dada*
Boleh percaya boleh engga, mama sampe komentar: "ke sini tuh kan cuma nganterin Ima poto-poto ya?". Si Mas juga bilang: "udah sana sekarepmu pethakilan, tak poto!".
Yaolo, segitu narsis dan kekanakan nya kah daku dimata mereka ????


Pulangnya sempet nyobain coto makassar yang putih. Ehhhmmmm.... Katanya dari air beras. Kalo aq ngerasain koq lebih suka yang coklat ya? Ga tau deh kenapa. Lebih ga enek kali ya? 
Sempet istirahat sebentar trus sorenya makan konro bakar di karebosi yang kesohor itu. Enaaak siiih, tapi koq rasaku ga semantep dua taun lalu pas aku makan disitu ya? Sekalian beli oleh-oleh yang basah macam otak-otak ibu elly dan palubassa. *jgn heran, gw emang beli palubassa buat dibawa pulang besoknya* *dasar maruk* Dan ditutup dengan beli pisang epek sepuluh biji yang gw abisin sendiri. *boong*

hari ke-5
Hikkksss... Saat nya pulang. Bersyukur sih, udah barengan selama 4 hari sama mereka. Tapi koq rasanya kurang yaaa? *manusia tak pernah puas*. Abis mandi, kami doa bersama (ritual kalo mau ada yang pergi), trus gw dianter si Mas ke bandara karena pesawat gw paling pagi, sementara mama papa balik bobo karena pesawatnya sore.


Wokeeehhhhh... Liburan usai.... Saatnya kembali ke dunia nyata... *meratap melihat tumpukan berkas*










0 Responses

Posting Komentar