naek kereta api tut tut tut
Libur telah tiba, libur telah tiba, hatiku gembiraaaaaaa..... Akhirnya ya boooo, gw selesai juga dari semester pendek yang melelahkan jiwa raga serta mental dan spiritual. Hahaha,.,
Yaabeeess, disaat anak kuliahan laen sedang bersorak-sorai gembira karena libur jeda semester; eh program gw inih ada gitu semester pendek. Dan bukan SP yang buwat memperbaiki nilai, tapi SP wajib dengan mata kuliah baru, ya jatuhnya jadi setaun ada trimester gitu lah.
Dan rabu 31 juli kemaren ujian akhir semesterannya selesai! So, gw cus langsung ke solo pake argo lawu malamnya. Lalu bagaimana nasib MasBojo? Ya dengan sangat terpaksa pasang muka prihatin tapi sebenernya senyum bahagia gw tinggal duluan donk. Soalnya dia musti setor jari ngabsen di hari jumat sore. Bahkan saking takutnya para pegawai ngabur sebelum tanggal cutber yang ditetapkan pemerintahan pak esbeye ini, instansi MasBojo sampai2 ngeluarin aturan bahwa walopun pegawe sedang ada surat tugas diluar kantor, tapi dari h-2 cutber harus setor jari di kantor. Hmmm, jadi ga bisa ngabur deh. Dan karena susah bener nyari tiket kereta, jadilah MasBojo naek kereta ekonomi AC madiun tambahan untuk turun di stasiun karanganyar.
Gw? Ya, ofkors gw ada 2 hari bersenang-senang jadi anak mami papi donk. Bobo kelonin sama mapa. *berasa abege lagi gitu deh* *lupa sesaat kalo dah punya suami* Tapi ya hari Sabtu nya gw nyusul MasBojo ke kebumen donk. Gw ke kebumen nyoba kereta baru, baru dilaunch semingguan yang lalu. Krakatau namanya. Kelasnya sih ekonomi, tapi jangan salah, ni kereta Ok punya. *tenang, ini bukan posting berbayar dari KAI* Tapi sebagai penguna setia kereta dari jaman kereta masih jadi alternatif  pilihan kedua gw kalo udah ga sanggup nebus tiket pesawat yang mehong (itupun kalo naek yang bisnis udah sambil manyun), sekarang kereta bener2 bisa mengakomodir kebutuhan transportasi jarak jauh yang nyaman-aman-adem-terjangkau.
Mungkin kalo untuk kreta eksekutif ga terlalu banyak perbedaannya. Karena defaultnya ini kereta emang udah cihuy. Cuma seinget gw, 2-3 taunan yang lalu pas mudik lebaran kayanya ga dikasi free sahur deh, tp kemaren dikasi lhoh. Lha berhubung gw ga puasa, ya ga gw ambil. Mending gw bobokcantik lah. Perbedaan paling krasa ya di kelas bisnis dan ekonomi (walo gw naek ekonomi baru sesekali ini). Dulu kalo kereta bisnis (juga ekonomi), ada tiket yang dijual tanpa tempat duduk. Jadi bisa lw bayangin, lw duduk di bangku keretadan di bawah lw orang pada gegoleran tak beraturan kaya ikan lele menggelepar2. Penuh sesak! Trus belom lagi pedagang asongan yang bolak balik sepanjang gang. Padahal udah penuh ama orang geleparan gitu loh. Pokoknya saking banyaknya penumpang, rasanya itu engep bener lah. Ya, walo harga murah (gw sempet nikmati dari harga 110, 135, 150, 170an sebelum akhirnya gw pindah ke somewhere of nowhere dan ga pernah naek kereta lagi), tapi pelayanan mustinya ga murahan kan?
Trus kalo sekarang untuk semua kelas udah ga ada lagi dijual tiket tanpa tempat duduk. Jadi masing-masing penumpang udah pasti duduk manis ga gegoleran di gang atau bordes. Trus ga ada lagi asongan yang naek ke kereta, sebagai gantinya ada mbak2 pramugari (kalo di kereta apa sih namanya?) yang berkeliaran nawarin makaman yang tampilannya jauh lebih manusiawi dan eatable daripada duluk.
Trus kalo dulu bisnis pake kipas angin dan ekonomi pake kipas sate (kipasan sendiri), sekarang semua udah pake AC semua cong. Adem bener dah.
Sistem pemesanan juga udah bisa onlen baik dari web resmi ,aupun toko2 yang pake mart2 iu lah. Lumayan banget kan, daripada antre panas2, jauh, kringetan di loket stasiun. Yakali kalo stasiunnya sepi, deket. Lha kalo buat orang yang sibuk kaya gw inih (sibuk nyari masalah) kan mending buka web, cari jadwal, reserve, bayar lewat atm, trus sesempetnya aja nukerin slip atm ke stasiun terdekat. Calo pun udah ga bisa gerilya. Lha won setiap pesan harus nyamain ama KTP dan kalo mau masuk peron juga dicek pengenalnya. Jadi ga ada tuh pakde2 calo naek2in harga seenak udelnya.
Overall, gw sebagai pengguna kereta merasa bahagia lahir batin atas perubahan perkereta-apian di Indonesia inih. Angkat topi untuk pak Jonan dan seluruh stafnya.





0 Responses

Posting Komentar